Digitalisasi PDAM untuk Tingkatkan Pelayanan!

PDAM sebagai penyedia layanan air minum bagi masyarakat dituntut untuk terus meningkatkan pelayanan. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan PDAM adalah menggunakan digitalisasi.

Bagaimana PAM dapat melakukan Digitalisasi? Kenapa Digitalisasi PDAM penting? Baca di artikel ini!

Baca juga: Begini Cara Kerja Teknologi Internet of Things !

Mengapa Digitalisasi penting bagi PDAM?

PAM sering kali menghadapi tantangan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan pelayanan yang terdiri dari 4 prinsip penting yaitu: kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan. Tanggung jawab PAM

Peningkatan pelayanan akan bisa terwujud apabila PAM memiliki kinerja yang sehat dalam hal pelayanan, operasional, keuangan serta SDM. Untuk bisa mengelaborasi kebutuhan tersebut proses optimasinya bisa menggunakan teknologi yang terintegrasi. Sehingga semua atribut pelayanan, pendataan serta kinerja internal PAM dapat termonitor dengan seksama sehingga proses pelayanan kepada pelanggan menjadi semakin optimal.

Bagaimana PAM meningkatkan Kinerja dengan Digitalisasi?

Kini, terdapat banyak teknologi yang membantu Sistem Penyediaan Air Minum, seperti berbagai sistem digitalisasi SPAM dari Bima Sakti Alterra.

Ini cara produk-produk Bima Sakti Alterra membantu digitalisais PDAM untuk meningkatkan kinerja berbagai aspek!

Digitalisasi untuk Aspek Keuangan PDAM

  1. Meningkatkan Pendapatan
    Teknologi, seperti sistem Bacameter digital dapat mempercepat proses penagihan rekening PDAM
  2. Memperbanyak Kanal Pembayaran
    Digitalisasi dapat mempermudah pelanggan untuk membayar tagihan PDAM dari jarak jauh secara online
  3. Meningkatkan Potensi Pendapatan Fisik dan Non-Fisik
    Penggunaan teknologi dapat meningkatkan pembacaan water meter yang berkala, mendata pemakaian pelanggan, sekaligus melakukan sensus reklasifikasi pelanggan.
  4. Mempercepat Proses Pendeteksian dan Penanganan
    Teknologi mempermudah PDAM untuk mengintegrasikan data infrastruktur, distribusi, dan anomali-anomali.

Digitalisasi untuk Aspek SDM

  1. Meningkatkan Skill Karyawan
    Digitalisasi membantu PDAM melatih karyawan untuk meningkatkan skill teknologi, pengoperasian sistem, dan aplikasi.
  2. Membantu Sistem Kerja
    Dengan teknologi, sistem kerja karyawan dan pemantauan SDM PAM juga dapat diatur dan dipantau secara digital.
Baca Selengkapnya :  IoT untuk PDAM: Solusi Cerdas untuk Menjamin Ketersediaan Air Bersih

Digitalisasi PDAM untuk Layanan & Operasional

  1. Mempercepat proses yang berkaitan dengan data operasional, laporan, keuangan
  2. Mempermudah pelanggan untuk melakukan pengaduan dan mempermudah petugas untuk menangani aduan yang diterima
  3. Mempercepat pendeteksian dan penanganan isu di lapangan menggunakan sistem hubungan langganan, perencanaan, distribusi, dan gudang yang terintegrasi serta sensor otomatis

Baca juga: 9 Cara Mengukur Kualitas Air dengan Parameter Fisika

Digitalisasi PDAM dengan Bima Sakti Alterra

Bima Sakti Alterra memiliki berbagai produk yang mampu membantu digitalisasi PDAM.

PDAM Pintar

PDAM Pintar merupakan sistem layanan terintegrasi yang mendigitalisasikan semua proses dari hulu ke hilir di PAM, dilengkapi 12 modul untuk meningkatkan aspek pelayanan, keuangan, SDM, dan operasional.

IoT Sakti

Sistem Internet of Things yang menggunakan sensor digital untuk memantau tekanan air, aliran air (flow), ketinggian air & kelistrikan PDAM secara real time.

Sinergis

Sistem WebGIS yang menampilkan visualisasi data geospasial jaringan perpipaan, data billing, hublang, teknis, dan monitoring direksi PAM di satu dashboard.

Mobile Loket

Mobile Loket merupakan aplikasi mobile yang menyimpan rekapitulasi data pelanggan serta tagihan rekening, untuk mempermudah petugas melakukan penyetoran dan pencatatan penagihan.

SIBS (Smart Integrated Billing System)

Pembayaran billing dari pelanggan PAM bisa lebih cepat dan dilakukan di manapun dengan Smart Integrated Billing System (SIBS). Kombinasi sempurna Loket offline dan PPOB.

PDAM Info

Aplikasi yang dibuat khusus untuk pelanggan PAM untuk pengecekan & pembayaran tagihan secara mandiri, histori rekening, pelaporan keluhan dan informasi lainnya. 

Baca juga: Optimasi Pelayanan Pelanggan PDAM Melalui Pembuatan Distrik Meter Area (DMA)

Mandala Command Centre

Aplikasi yang dibuat khusus untuk pelanggan PAM dalam pengecekan & pembayaran tagihan secara mandiri, histori rekening, pelaporan keluhan dan informasi lainnya. 

Baca Selengkapnya :  Absensi Online SmartPresence: Solusi Terbaik untuk Manajemen Kehadiran yang Efisien

Bagikan artikel ini

Berita Lainnya