Ini 5 Penyebab Tagihan Air Membengkak

Tagihan air PDAM bisa meningkat secara signifikan, mirip seperti tagihan listrik. Penyebab meningkatnya tagihan air ini bervariasi, mulai dari masalah pipa hingga penggunaan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Cara Untuk Memperbaiki Kualitas Air

Agar Anda dapat menghindari tagihan air yang membengkak, penting untuk memahami penyebab yang bisa membuatnya tinggi, bahkan jika Anda tidak berlebihan dalam penggunaan air. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat membuat tagihan air membengkak:

1. Kebocoran Besar di Pipa Air

Kebocoran besar pada pipa air merupakan penyebab umum dari kenaikan tagihan air. Kebocoran ini biasanya dapat Anda perhatikan dengan mudah ketika air mengalir keluar dari suatu tempat di dalam atau di luar rumah. Terkadang, akan ada tanda-tanda rembesan air pada dinding yang menutupi area pipa yang bocor. Kebocoran semacam ini dapat membuat tagihan air meningkat dengan cepat dan bisa mengakibatkan kerusakan serius. Penting untuk segera mematikan air dan menghubungi pihak berwenang jika Anda mendapati kebocoran ini.

2. Kebocoran Kecil di Pipa Air

Kebocoran kecil seringkali sulit untuk ditemukan atau disadari, sehingga dapat terlambat terdeteksi. Akibatnya, tagihan air bisa perlahan-lahan membengkak akibat kebocoran ini. Kebocoran kecil biasanya terjadi pada keran atau pancuran kloset di kamar mandi, atau mungkin pada sistem irigasi di luar rumah. Jika Anda bisa dengan mudah mengakses area kebocoran, Anda mungkin bisa memperbaikinya sendiri tanpa memerlukan bantuan tukang.

Baca Juga: Syarat dan Prosedur Pemutusan Air PDAM

3. Pipa Pemanas Air Bocor

Jika Anda menggunakan pemanas air atau water heater, periksa pipa air yang mengalir ke peralatan ini. Pemanas air bukan hanya memengaruhi tagihan listrik, tetapi juga tagihan air. Jika pipa di pemanas air bocor, hal ini dapat menyebabkan peningkatan tagihan air. Jadi, jika Anda melihat tanda-tanda air menetes atau genangan di sekitar pemanas air, segera hubungi ahli untuk memeriksanya dan perbaiki masalahnya agar tagihan air tidak terus membengkak.

Baca Selengkapnya :  Seperti Apa Permasalahan Air Bersih di Perkotaan dan Bagaimana Solusinya?

4. Keran Air Tidak Tertutup Rapat

Keran air yang tidak tertutup dengan rapat juga dapat menyebabkan fluktuasi dalam penggunaan air di rumah. Meskipun terlihat sepele, kondisi ini dapat berdampak pada tagihan air. Terutama jika banyak keran air di rumah yang tidak tertutup rapat setelah digunakan. Jika keran Anda sulit untuk ditutup rapat, mungkin saatnya untuk menggantinya dengan yang baru agar tidak ada air yang terbuang percuma.

5. Konsumsi yang Tinggi

Tagihan air Anda akan meningkat seiring dengan tingginya konsumsi air. Semakin sering Anda menggunakan air, semakin besar tagihan yang akan Anda terima. Ini bisa disebabkan oleh bertambahnya anggota keluarga di rumah, adanya renovasi rumah, atau alasan lainnya. Penting untuk memahami penyebab pasti dari kenaikan tagihan air Anda. Jika kenaikan disebabkan oleh renovasi rumah, misalnya, Anda mungkin tidak perlu khawatir karena kenaikan tersebut hanya bersifat sementara.

Baca Juga: 6 Perbedaan Antara PDAM dan Sumur Bor

Segera perbaiki masalah pipa dan peralatan air yang bocor, serta pertimbangkan penggunaan air dengan bijak untuk menghindari tagihan air yang membengkak. Semoga artikel ini membantu Anda memahami penyebab kenaikan tagihan air dan bagaimana mencegahnya.

Bagikan artikel ini

Berita Lainnya