Ini Cara Bima Sakti Alterra Melawan Kantuk di Kantor!

Mengalami rasa kantuk atau lelah di kantor merupakan hal yang sering dialami karyawan. Bagi karyawan, terutama yang bekerja di kantor, rasa kantuk dan lelah dapat menghasilkan konsekuensi yang signifikan. Karyawan yang mengantuk atau kelelahan tentu mengalami penurunan performa dibandingkan mereka yang bekerja dalam kondisi prima.

Tenang, ada beberapa cara untuk melawan lelah dan kantuk di kantor! Bima Sakti Alterra juga punya cara khusus untuk mengatasi masalah kelelahan karyawan ini, loh! Intip caranya di artikel ini!

Rasa Lelah atau Ngantuk di Kantor

Kelelahan atau mengantuk di kantor sering juga dikenal dengan istilah work fatigue. Penyebab kelelahan atau mengantuk pada karyawan sering kali disebabkan karena beberapa faktor, yaitu:

  • Tekanan pekerjaan
  • Kurang pergerakan fisik / terlalu banyak duduk dalam posisi yang sama
  • Kurang tidur atau istirahat
  • Gejala kesehatan lainnya

Sementara, ciri-ciri work fatigue atau rasa lelah pada karyawan adalah sebagai berikut: 

  1. Mudah mengantuk saat jam kerja / di pagi dan siang hari
  2. Kurangnya motivasi melakukan pekerjaan
  3. Mudah lupa atau linglung
  4. Meningkatnya kesalahan pekerjaan
  5. Mudah sakit

Bila tidak ditangani, kelelahan dan mengantuk pada karyawan dapat mengganggu performa kerja serta perusahaan. Work fatigue bahkan dapat berpengaruh buruk pada kesehatan jangka panjang karyawan. Maka, perusahaan harus memperhatikan cara-cara tertentu untuk mengatasi rasa lelah dan kantuk di kantor.

Tips Menghadapi Lelah dan Kantuk di Kantor

Minuman Kafein

Kafein merupakan zat stimulan alami yang bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf, sehingga ampuh untuk menghalau rasa kantuk dan kelelahan pada tubuh. Kafein umumnya dapat ditemukan pada teh dan kopi, sehingga karyawan yang mengantuk dapat meminum kedua minuman ini selama jam kerja.

Kantuk di Kantor
Pantry di BSA

Umumnya, kantor juga menyediakan teh dan kopi bagi karyawan. Di Bima Sakti Alterra sendiri terdapat pantry serta dapur kecil berisi teh dan kopi gratis yang bisa dimanfaatkan karyawan kapan saja. Pantry dan dapur kecil di Bima Sakti Alterra juga dilengkapi air dingin dan hangat, microwave, peralatan makan, hingga microwave sehingga karyawan dapat menyediakan makanan atau camilan untuk suplai energi selama kerja.

Baca Selengkapnya :  Begini Cara Memantau Kualitas Air dengan Teknologi IoT!

Peregangan dan Pergerakan Fisik

Duduk di satu tempat terlalu lama dapat memperburuk rasa kantuk di siang hari. Bangkit dari tempat kerja secara berkala dan melakukan pergerakan fisik seperti peregangan, senam, atau berjalan-jalan dapat melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah. Gerakan fisik, meski kecil dan terbatas, juga dapat membantu karyawan tetap terjaga dan berkonsentrasi pada pekerjaan.

Kantuk di Kantor
Klub Bulu Tangkis BSA

Bima Sakti Alterra sendiri turut mendukung karyawan untuk melakukan olahraga di sela-sela rutinitas pekerjaan, loh! BSA menyediakan berbagai klub olahraga serta minat bakat yang dapat diikuti karyawan, seperti klub bulu tangkis, futsal, dan musik. Klub minat-bakat BSA biasanya rutin mengadakan kegiatan setiap minggunya, sehingga karyawan BSA tetap dapat berolahraga di tengah-tengah kepadatan pekerjaan!

Power Nap atau Istirahat Sejenak

Karyawan juga bisa melakukan power nap atau istirahat sejenak di sela-sela jam istirahat untuk menghalau rasa kantuk dan lelah. Berbeda dengan tidur panjang, power nap cukup dilakukan 15 sampai 30 menit saja sehingga bisa dilakukan saat jam istirahat. Power nap bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh dan membantu menyelesaikan sisa hari.

Rekreasi dan Interaksi Karyawan saat Jam Istirahat

Untuk mengalihkan rasa kantuk dan lelah, karyawan juga dapat berinteraksi dengan sesama karyawan serta melakukan berbagai kegiatan rekreasi saat jam istirahat. Rekreasi di kantor dapat dilakukan dengan berdiskusi, mendengarkan musik, membaca buku, atau bermain game singkat. Eits, tentu saja hanya dilakukan saat jam istirahat atau senggang ya!

Escape Room BSA

Bima Sakti Alterra juga menyediakan ‘Escape Room’ atau ruangan lounge yang dapat dimanfaatkan karyawan untuk berinteraksi dengan sesama karyawan atau bahkan beristirahat. Sesuai namanya, Escape Room jadi tempat andalan karyawan untuk escape atau ‘kabur’ sejenak dari pekerjaan, nih! Di Escape Room BSA, tersedia berbagai bantal duduk yang nyaman sehingga karyawan dapat beristirahat. Selain itu, tersedia pula berbagai permainan papan dan kartu yang dapat dimainkan karyawan saat jam istirahat dan jam senggang, loh! 

Melawan Kantuk di Kantor
Karyawan BSA bermain Games saat Senggang di Escape Room

Itu dia cara Bima Sakti Alterra menghalau rasa lelah dan kantuk bagi para karyawannya! Tertarik gabung di BSA atau cari info lainnya soal BSA? Yuk telusuri website kami di bsa.id serta media sosial kami!

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Mesin Absensi Terpopuler di Indonesia

Bagikan artikel ini

Berita Lainnya