5 Jenis Alat Ukur Kualitas Air

Alat ukur kualitas air yang digunakan dalam mengukur air ialah sumber kehidupan di dunia ini. Ini mengapa sebagian permukaan bumi ini terdiri dari air dibanding dengan daratan. Seluruh makhluk hidup di duniaini juga tidak bisa lepas dari kebutuhan hendak air. Apalagi, di dalam tubuh manusia berusia sebanyak 60% dari berat tubuhnya tersusun dari air. Itu sebabnya pemakaian air tidak dapat lepas dari kehidupan manusia serta makhluk hidup yang lain. Tidak cuma buat minum, air pula digunakan buat memasak, membersihkan badan serta sebagian benda yang lain, apalagi juga buat pengairan lahan pertanian.

Akan tetapi, tahukah Kamu apabila saat ini terdapatnya pencemaran lingkungan juga mempengaruhi terhadap air yang terdapat di bumi? Di mana semakin lama kesediaan air bersih terus menjadi sedikit. Apalagi pemakaian air dengan jumlah yang sangat besar serta pola hidup manusia membuat kesediaan air bersih terus menjadi menurun. Apalagi, tidak jarang tempat- tempat penyimpanan air telah berganti fungsi jadi lahan perkembuan, lahan industri, perkantoran, perumahan serta yang lain. Ditambah dengan terdapatnya limbah membuat isi air bersih bercampur dengan zat yang beresiko.

Untuk itulah, bermacam macam alat ukur air setelah itu diciptakan buat mengenali adanya kesediaan air bersih. Di mana dengan alat ukur air, Kamu dapat ketahui kandungan air di dalam rumah. Apakah Air tersebut aman dikonsumsi ataukah cuma buat keperluan rumah tangga yang lain. Ini dia beberapa tipe alat ukur kualitas air yang bisa Kamu ketahui.

ORP Meter

Mengerti kah Kamu apabila adanya kandungan bahan kimia dalam air bakal beresiko untuk badan? Tidak cuma pada air yang dikonsumsi, tetapi juga air yang terletak di kolam renang. Itu sebabnya, industri yang bergerak dalam bidang kolam renang serta spa memerlukan perlengkapan pengukut pH serta kandungan klorin bebas pada air secara akurat serta cepat. Metode kerjanya yakni dengan mengukur kemampuan oksidasi reduksi serta kosentrasi pada bahan kimia yang terletak di dalam air. Dengan terdapatnya ORP Meter, maka kesehatan para penggunaka spa serta kolam renang bakal terlindungi.

Baca Selengkapnya :  Manfaat Air Bagi Manusia Dalam Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari

TDS Meter

Buat mengukur jumlah partikel terlarut pada air minum yang tidak nampak oleh mata, Kamu bisa memakai TDS Meter. Total Dissolved Solids( TDS Meter) mempunyai satuan satuan ppm( mg/ L). Dengan terdapatnya TDS Meter, aneka partikel terlarut semacam mangan, tembaga, besi, alumunium serta yang lain yang ada pada air hendak terukur jumlahnya. Kamu pun bakal tahu apakah air minum tersebut layak buat diminum ataupun beresiko untuk kesehatan.

Dual TDS Meter

Dual TDS meter sangat sesuai digunakan buat Kamu yang mempunyai usaha air minum isi ulang. Tetapi, bila Kamu memiliki sistem filtrasi ataupun pemurnian air di rumah, perlengkapan ini juga bisa digunakan. Perlengkapan ini sangat efisien buat mengukur air dengan 2 arah, yakni air yang masuk dan air yang keluar sehabis dimurnikan. Sangat mudah digunakan serta hasilnya juga cepat.

Alat Ukur Kualitas Air COD Meter

COD Meter( chemical Oxygen Demand) ialah alat yang digunakan buat mengukur jumlah oksigen pada air yang diperluan buat mengurai segala bahan organik. Dalam melaksanakan pengukuran, kamu mesti memperoleh sampel air serta melaksanakan pengukuran pada isi oksigen terlarut yang terdapat pada sampel yang selama 5 hari sudah hadapi proses inkubasi pada keadaan gelap serta temperatur tetap. Nilai dari BOD dinyatakan dalam mg oksigen per liter( miligram/ L).

Turbidity Meter

Pasti Kamu bakal merasa jijik bukan apabila memandang air tercemar sebab limbah. Saat ini terdapat perlengkapan bernama Turbidity Meter yang berperan buat mengenali tingkatan kekeruhan air akibat pencemaran lingkungan. Umumnya tingkatan dari kekeruhan air bakal bisa dikenal dari besaran NTU( Nephelometric Turbidity Units).

Bagikan artikel ini

Berita Lainnya