Jangan Sampai Salah Pilih! Ini 7 Rekomendasi Air Mineral Favorit Masyarakat Indonesia!

 Air menjadi nutrisi yang paling penting dan komponen utama yang harus terisi dalam tubuh manusia. Sekitar 80% kebutuhan manusia merupakan kontribusi dari cairan yang salah satunya adalah  air, dan sisanya dari makanan. Beberapa ahli pun mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa setidaknya 95% otak manusia itu tersusun atas  air dimana 82% air itu mengalir ke darah, 75% air berada di jantung, 86% terletak di paru-paru, dan kurang lebih 83% air ada di ginjal. 

Ini pertanda bahwa air membawa dampak baik dalam tubuh kita. Tapi, dengan syarat air yang dikonsumsi dan masuk dalam tubuh Anda, haruslah air yang aman dan baik untuk kesehatan, lho! Ada beberapa faktor untuk sampai ke tahap “air ini aman dan layak untuk tubuh manusia” yang dilihat dari kandungan TDS (Total Dissolve Solid) mengacu pada standar SNI beserta dengan kandungan pH di dalamnya. 

TDS adalah jumlah zat padat terlarut dalam kandungan  air mineral (natrium, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya). Menurut World Health Organization (WHO) air mineral yang baik untuk dikonsumsi mempunyai kandungan TDS 300 mg/liter atau maksimal 500 mg/liter. Sedangkan menurut Permenkes, standar pH  air minum yang ideal ada di kisaran 6,5 sampai 8,5. Oleh karena itu, mengonsumsi air mineral dengan kadar sesuai harus selalu digalakkan agar terhindar dari bahaya maut. 

Penasaran ingin tahu apa saja merek air mineral favorit masyarakat Indonesia saat ini dengan pH ideal? Ini dia pilihannya! 

7 Produk Air Mineral Favorit Masyarakat Indonesia 

1.  Aqua 
Merek ini menjadi merek  air minum terbaik yang telah menjadi top of mind masyarakat Indonesia dengan menduduki peringkat pertama sebesar 74,9%. Merek ini dibuat secara higienis dengan melewati lima tahapan tes geologi serta hidrologi demi dipastikannya kualitas  air mineral ini terjaga. Bahkan, merek ini pun berasal dari sumber mata air terpilih dengan berbagai kemurnian dan kandungan alami mineral. 

Baca Selengkapnya :  Potensi Air Laut Sebagai Air Bersih

2.  Le Minerale 
Merujuk pada laman leminerale.com Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang terfilter dan kaya mineral alami. Merek ini mempunyai pH dengan kisaran antara 7,2 hingga 7,7 sehingga aman untuk memenuhi kebutuhan manusia. Adapun, merek ini juga kerap kali dicap sebagai  air minum higienis karena proses pembotolannya langsung dari sumber mata  air sehingga kandungan mineral di dalamnya tidak dirusak oleh bakteri atau mikroba luar.  

3. Nestle Pure Life 
Merek yang satu ini pastinya tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dengan melewati 12 tahapan proses air yang ketat dan teruji di pusat lab Nestle di Prancis, pastinya merek ini memberikan manfaat baik dalam tubuh kita. Nestle pun telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan biasanya digunakan oleh masyarakat kelas menengah sampai keatas karena menjadi salah satu produk FMCG terkenal. 

4. Vit  Air Mineral 
Vit menerapkan standar HACCP di semua pabriknya untuk meningkatkan jaminan keamanan air minum yang diproduksi dan telah teruji dari segi uji kimia, fisika, dan mikrobiologi yang telah dilakukan. Proses produksi air Vit ini difiltrasi secara terkontrol yang menjadikan air mineral ini lebih bersih serta di ozonisasi demi menghempaskan bakteri. 

5. Crystalline 
Sebagai merek yang diproduksi oleh PT Tirta Maharani, merek air ini berasal dari sumber mata air pegunungan di pegunungan Slamet, Jawa Tengah. Keberadaan air ini menjadi familiar karena dipromosikan oleh beberapa influencer ternama seperti Tasyi Athasyia dari konten daily vlog di YouTube. Apalagi Crystalline memiliki kualitas yang terjamin dan telah teruji secara laboratorium dengan kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, dan kalium.

Baca Selengkapnya :  9 Cara Mengukur Kualitas Air dengan Parameter Fisika

6. Cleo 
Penggunaan teknologi Oxygen Enhanced Combustion Technology dari Amerika Serikat ini menjadikan proses air mineral Cleo lebih kaya akan oksigen. Ini dikarenakan kemampuan teknologinya dalam mengikat atom oksigen ke dalam air sehingga tidak lagi berbentuk gas. Dengan begitu, Cleo mampu menyebarkan sejuta manfaat seperti memperbesar absorbsi vitamin dan nutrisi, mencegah stres, meningkatkan sistem imun, hingga mampu mengurangi bahan beracun yang ada dalam darah. 

7. Ades 
Sebagai merek yang dikenal atas strategi promosinya untuk mengajak konsumen ikut serta dalam kegiatan “meremukkan botol” demi menjaga lingkungan, Ades sukses dalam melekatkan programnya di benak masyarakat. Meskipun kini sudah jarang terpampang image produknya, namun ajakan ini membuat produk Ades dikenang sebagai air mineral kemasan yang ramah lingkungan dengan memberikan banyak ruang untuk mengurangi volume sampah. 

Kapan Waktu Terbaik Minum Air Mineral? 

Berikut ini adalah waktu terbaik untuk kalian mengonsumsi air mineral

  • Mengonsumsi air mineral setelah bangun tidur dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang sehingga tubuh tidak dehidrasi dan lemas. Adapun, sebaiknya Anda minum air sebelum tidur untuk membuat tidur kalian lebih nyenyak. 
  • Sebelum atau setelah olahraga, Anda dianjurkan untuk minum air agar terhindar dari rasa lelah yang berlebih sekaligus meningkatkan daya kerja otot tubuh Anda. 
  • Minumlah air sebelum Anda makan untuk mengoptimalkan proses pencernaan dan kinerja ginjal. Jadi, Anda lebih cepat merasa kenyang.
  • Ketika perut Anda terasa kosong, ini menjadi waktu yang tepat untuk mengonsumsi air sehingga metabolisme tubuh menjadi meningkat hingga 25%, membersihkan usus besar, mencegah sakit kepala akibat kekurangan oksigen dan cairan.

Kebutuhan manusia akan air tentunya berbeda antara satu sama lain. Tapi, kita dapat mengacu kepada saran pakar yang menyarankan untuk mengonsumsi 1,5 sampai 2 liter air setiap hari ya. Jadi, jangan sampai Anda kelebihan air karena bisa menimbulkan efek samping seperti mengganggu kinerja ginjal. Nah, jangan juga sampai kekurangan air karena Anda akan jadi dehidrasi dan lemas. Untuk itu, pastikan Anda minum air mineral setidaknya sesuai dosis yang dianjurkan dan pastinya minumnya rekomendasi air mineral terbaik diatas ya!

Baca Selengkapnya :  Audiensi Aplikasi Bima Tapping Apps di Kabubaten Bandung Barat

Reference: 

Bagikan artikel ini

Berita Lainnya