Manfaat dan Tips Menggunakan Air Tanah di Rumah

Apakah Anda salah satu orang yang pernah merasakan kehabisan air karena sedang ada gangguan dari pihak penyedia air? Hal itu sangat menyebalkan, karena air sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan manusia.

Dan itulah salah satu faktor mengapa banyak orang memilih untuk menggunakan dua sumber, yang pertama menggunakan air tanah dan yang kedua menggunakan air dari PDAM atau sebaliknya.

Baca juga: Alasan Mengapa Aplikasi Manajemen Kehadiran Penting Bagi Bisnis

Pengertian Air Tanah

Air tanah adalah segala jenis air yang jatuh ke tanah dan lalu diserap dan mengalir dibawah permukaan tanah. Air yang jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi dan struktur perlapisan geologi serta perbedaan potensi kelembaban tanah.  Karena itulah air yang berada di bawah permukaan disebut dengan air tanah.

Manfaat Air Tanah

Air tanah memiliki cukup banyak manfaat, tidak hanya bagi manusia namun juga bagi hewan dan tumbuhan. 

Kelangkaan air ketika musim kemarau sangat membuat manusia kesulitan yang pada akhirnya bisa menyebabkan bencana, kelaparan, kekeringan, hingga terjadinya kepunahan spesies.

  • Air bisa digunakan untuk pembangkit listrik, contohnya adalah PLTA yang ada di Waduk Cirata, Jawa Barat. Dengan begitu, selain kebutuhan air untuk sehari-hari, air juga bisa memberikan suplai listrik bagi kehidupan masyarakat.
  • Air tanah merupakan siklus hidrologi terus berjalan dan berulang, jadi dengan air tanah kebutuhan air bisa terus tersedia bagi kehidupan manusia.
  • Untuk mengairi pertanian jika sedang diserang kekeringan.
  • Mencukupi untuk kebutuhan industri
  • Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti mandi, masak, dan mencuci pakaian.

Baca juga: IoT Untuk PDAM: Solusi Cerdas Untuk Menjamin Ketersediaan Air Bersih

Tips Menggunakan Air Tanah di Rumah Agar Tidak Tercemar

Sudah banyak rumah di Indonesia yang memanfaatkan air tanah untuk kebutuhan pasokan air sehari-hari. Namun, apakah Anda yakin bahwa air tanah yang digunakan bersih dan baik untuk dikonsumsi?

Baca Selengkapnya :  Cara Meningkatkan Citra & Pelayanan Pelanggan dengan Media Digital

Air tanah mungkin saja tercemar karena adanya pencemaran yang terjadi di tanah. Terkadang airnya bisa berwarna kuning, berbau dan berpasir.

Oleh sebab itu, diperlukan pencegahan agar air tanah yang digunakan bisa cukup bersih dan baik untuk dikonsumsi. Berikut adalah tips-tipsnya:

  1. Buatlah sumur resapan atau biasa disebut dengan lubang biopori di halaman rumah Anda. Dengan cara itu air hujan yang jatuh bisa terserap ke dalam tanah dengan lebih lancar.
  2. Jangan menggunakan zat kimia seperti insektisida untuk membunuh hama di halaman rumah Anda. Karena zat tersebut akan terserap ke dalam tanah bersama air hujan atau air yang Anda buang ke halaman tersebut. 
  3. Jangan membuang sampah dan kotoran lainnya secara sembarangan. Karena sampah yang tidak bisa terurai di dalam tanah akan menimbulkan senyawa kimia yang tidak baik dan bercampur dengan air tanah.
  4. Sebaiknya menanam pohon di sekitar rumah Anda, hal ini dilakukan untuk membantu penyerapan air kembali ke dalam tanah.
  5. Pastikan saluran perpipaan air di rumah Anda tidak bercampur dengan saluran untuk pembuangan kotoran yaitu septic tank. Karena air tanah yang tercampur dengan kotoran tersebut sudah sangat tidak baik lagi untuk digunakan.
  6. Dan yang terakhir, selalu gunakan air dengan bijaksana agar kebutuhan air Anda selalu tercukupi dan tidak terbuang dengan sia-sia.

Baca juga: Cek Tagihan PDAM Di HP ? Pakai PDAM Info!

Itulah tips dan manfaat menggunakan air tanah agar lebih baik dan tidak tercemar, serta bisa digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Yang paling penting adalah, harus menggunakan air pada porsinya dan tidak membuang secara percuma pasokan air yang ada, karena air memiliki peran yang cukup penting pada kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Baca Selengkapnya :  Biaya Mesin Absensi dan Cara Memilih Aplikasi yang Tepat

Perlunya Penggunaan IPAL di Kawasan Permukiman

Selain beberapa tips yang sudah dibahas di atas, ada cara ampuh yang bisa digunakan masyarakat untuk mengolah air tanah menjadi air yang lebih layak digunakan, yakni menggunakan Instalasi Pengolahan Air Limbah atau biasa disebut dengan IPAL

Instalasi tersebut kini sudah banyak digunakan di kawasan permukiman untuk membantu memenuhi pasokan air bersih. Maka dari itu, masyarakat harus bahu-membahu ikut serta dalam pengadaan IPAL agar bisa mengkonsumsi hasil dari pengeboran air tanah/sumur agar lebih baik dan lebih layak untuk dikonsumsi.

Bagikan artikel ini

Berita Lainnya