Solusi Digitalisasi Terpercaya Teknologi Air untuk PDAM

Bima Sakti Alterra, sebagai perusahaan teknologi yang berfokus pada solusi digital untuk sektor air dan sanitasi, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan digitalisasi PDAM dan PERUMDA di Indonesia. Berikut adalah beberapa peran penting yang dimainkan oleh Bima Sakti Alterra:

Solusi Digital Inovatif:

Bima Sakti Alterra telah mengembangkan solusi digital inovatif yang dirancang khusus untuk kebutuhan PDAM dan PERUMDA. Melalui pengembangan aplikasi dan riset yang mendalam, akhirnya perusahaan ini bisa menyediakan sistem manajemen data dan informasi yang terintegrasi, memungkinkan PDAM dan PERUMDA untuk mengelola dan menganalisis data dengan lebih efisien.

Solusi ini mencakup pemantauan konsumsi air real-time, pemetaan jaringan distribusi, pengelolaan pelanggan, dan layanan pelaporan yang terautomatisasi. Dengan adanya solusi digital yang canggih, PDAM dan PERUMDA dapat meningkatkan efisiensi operasional serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

PDAM Pintar Bima Sakti Alterra

Implementasi Teknologi IoT (Internet of Things):

Bima Sakti Alterra juga telah mengintegrasikan teknologi Internet of Things (IoT) dalam solusi digital mereka. Melalui penggunaan sensor dan perangkat yang saling terhubung, mereka dapat mengumpulkan data secara real-time tentang kualitas air, pemakaian air , tekanan, dan kebocoran jaringan.

Hal ini memungkinkan PDAM dan PERUMDA untuk mendapatkan informasi yang akurat dan memungkinkan deteksi dini terhadap anomali/ masalah yang terjadi seperti kebocoran atau kualitas air yang buruk.

Implementasi teknologi IoT oleh Bima Sakti Alterra telah membantu PDAM dan PERUMDA mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

IoT Bima Sakti Alterra

Baca Juga: Smart Grid Water Management

Solusi Pengelolaan Air Limbah

Untuk solusi mengenai air limbah, Bima Sakti Alterra memiliki produk Our IPAL yang akan membantu untuk mengolah air limbah menjadi air bersih yang lebih layak untuk dikonsumsi. IPAL milik BSA adalah sebuah alat yang nantinya akan digunakan secara kolektif di suatu permukiman untuk mengolah air limbah menjadi air bersih, jadi warga di sekitar tidak perlu khawatir akan kekurangan air bersih.

Selain IPAL ada juga IPLT atau Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja. Instalasi ini dirancang hanya untuk menerima dan mengolah lumpur tinja yang nantinya akan diangkut menggunakan mobil truk tinja dalam periode tertentu.

Baca Selengkapnya :  Mudah dan Praktis, Kini Bayar Tagihan PDAM Bisa Secara Online!
Instalasi Pengolahan Air Limbah

Semua produk milik Bima Sakti Alterra akan hadir dan dipamerkan pada event Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum,  sebuah event bergengsi yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak industri. Event ini mempertemukan para praktisi, profesional, pemerintah, dan usaha yang bergerak di bidang air minum, air limbah dan sanitasi.

IWWEF tahun ini hadir dengan banyak pembicara yang ahli pada bidang industri perairan dan beberapa diantaranya adalah Bapak Ir. Ida Bagus Surya Sanjaya selaku Direktur Utama PT. Bima Sakti Alterra dan Bapak Lalu Ahmad Zaini selaku Ketua Umum PERPAMSI. Selain itu, dan juga Wakil Presiden Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin yang akan menjadi pembicara pada event IWWEF bulan Juni nanti.

Tahun ini, Bima Sakti Alterra selaku perusahaan yang bergerak di bidang solusi digital untuk sektor air dan sanitasi turut hadir dan akan memperkenalkan produk-produk yang sudah dibuat untuk membantu meningkatkan efektivitas pekerjaan di ranah PAM dan PDAM. Bima Sakti Alterra juga akan memperkenalkan sebuah sistem baru untuk program air bersih berkelanjutan bernama SWGM atau Smart Water Grid Management, produk ini bertujuan untuk memberikan solusi pengolahan air minum terdepan dan terintegrasi yang mampu menyajikan informasi secara real time mulai dari instalasi produk, distribusi hingga konsumsi.

Smart Water Grid Management

Event IWWEF 2023 adalah kesempatan yang tepat bagi PDAM, PERUMDA, serta para profesional dan pemangku kepentingan dalam sektor air dan sanitasi untuk berbagi pengetahuan, bertukar pengalaman, dan menjalin kemitraan yang saling menguntungkan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk datang ke booth nomor 3 milik Bima Sakti Alterra dan temukan solusi digital terbaik untuk meningkatkan pelayanan air di Indonesia.

Baca Selengkapnya :  SMART WATER GRID MANAGEMENT : Solusi Masa depan untuk Manajemen Air Berkelanjutan
IWWEF

Bagikan artikel ini

Berita Lainnya